Renyah Manis Kue Semprong Di Desa Sigerongan

  • Oct 04, 2023
  • admin desa sigerongan

Sigerongan - Desa Sigerongan tepatnya di Dusun Jati Mekar, ada seorang produsen atas nama inaq An Nurtini seorang pembuat jajan rokok atau semprong, yakni jajan tradisional yang masih bertahan sampai sekarang, Sudah lebih dari 5 sampai 6 tahun lamanya ia berjualan kue semprong.

Kue semprong tergolong kue kering tradisional yang populer. Bentuknya seperti pipa silinder tipis dengan tekstur garing dan renyah. Cita rasanya yang manis sedikit gurih membuat kue ini disukai banyak orang. Kue semprong juga populer sebagai oleh-oleh, Kue ini bisa kamu temui salah satunya Di Lingsar, Lombok Barat.

Kue semprong memiliki bentuk panjang dan renyah. Dibuat dari beberapa bahan, seperti tepung beras, telur, mentega, gula, santan, wijen, dan bubuk kayu manis. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai kue semprong.

Namun, ada pula masyarakat di beberapa daerah yang menyebut semprong dengan istilah berbeda. Orang Sunda menyebut kue ini sebagai dampit, masyarakat Lamongan menyebutnya dengan japit gulung, orang Minang mengistilahkannya dengan kue sapik, orang minahasa mengenalnya sebagai kue gulung sedangkan orang Lombok menyebutnya dengan sebutan jajan rokok.(Rabu, 04/10/2023)

 

 

Lingsar, Sigerongan/FDIK/Dwi Khatami Darmawan, Aminatussolah