Desa Sigerongan Terkenal Dengan Budidaya Ikan Nila

  • Oct 06, 2023
  • admin desa sigerongan

Sigerongan-  Desa Sigerongan terkenal dengan budidaya ikannya, dikarenakan sebagian banyak warga Desa Sigerongan membudidayakan ikan, Salah satu sektor informal yang membuat warga memaksimalkan potensi desa mereka, yakni budidaya ikan nila. 

Mereka menciptakan inovasi Sentra Intensif Budidaya Ikan Nila Biofolk atau disebut Si Ikan Nila. Kegiatan yang dilakukan yaitu mulai dari penyediaan bibit, kolam terpal, peralatan, proses media air, pakan, pendampingan selama masa budidaya hingga masa panen dan pengolahan pascapanen. Pola kerja inovasi ini terintegrasi berbasis kewilayahan dan kelompok swadaya masyarakat dengan cara membangun sistem wirausaha dari hulu ke hilir. 

Cara Budidaya Ikan Nila, Ikan nila merupakan jenis ikan untuk konsumsi dan hidup di air tawar. Ikan ini cenderung sangat mudah dikembangbiakkan serta sangat mudah dipasarkan karena merupakan salah satu jenis iklan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari oleh Masyarakat. Dengan teknik budidaya yang sangat mudah, serta pemasarannya yang cukup luas, sehingga budidaya ikan nila sangat layak dilakukan, baik skala rumah tangga maupun skala besar atau perusahaan.

Produksi ikan nila ini digunakan  untuk konsumsi langsung atau pasar lokal, seperti pasar rakyat, rumah makan, dan restoran telah menjadi kebutuhan, sehingga itu diperlukan upaya pembesaran untuk menghasilkan ikan yang sesuai dengan permintaan pasar. Budidaya ini juga dapat menjadi ladang ekonomi dimana 1 kg hasil panennya  dijual dengan harga Rp.30.000,- ( Tiga Puluh Ribu Rupiah) sehingga dapat menambah pemasukan.(Jum’at, 06/10/2023)

 

Lingsar, Sigerongan/FDIK/Dwi Khatami Darmawan, Aminatussolah