Poskesdes Sigerongan Siap Melayani Masyarakat

  • Oct 10, 2023
  • admin desa sigerongan

Sigerongan - Pos kesehatan desa (POSKESDES), adalah upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. Poskesdes dibentuk sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar setiap hari bagi masyarakat di desa sigerongan, serta swebagai sarana untuk mempertemukan upaya masyarakat dan dukungan pemerintah. Pelayanan poskesdes meliputi upaya promotif, preventif, dan kuratif desuai dengan kewenangannya yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama Bidan) dengan melibatkan kader kesehatan.

Adapun tujuan dan manfaat poskesdes antara lain:

  1. Tujuan umum

Terwujudnya masayarakat sehat yang peduli, tanggap, dan mampu mengenali, mencegah, mengatasi permasalahn kesehatan yang dihadapi.

  1. Tujuan khusus
  1. Terselenggaranya upaya memberdayaan masayarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan masayarakat untuk menolong dirinya dibidang kesehatan.
  2. Terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (bidan) dan kader kesehatan.
  3. Terselenggaranya pengamatan, pencatatan, dan pelaporan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan, dan kesiap siagaan masyarakat terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama penyakit menulkar dan penyakit yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) serta factor-faktor resikonya (termasuk status gizi dan ibu hamil yang beriso).( Senin 09/10/2023)

 

 

Lingsar, Sigerongan/FDIK/Dwi Khatami Darmawan, Aminatussolah